Mudah! Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Teknokra.id - Hallo sobat Teknokra, kalian pernah gak sih bingung cara menghilangkan jerawat? Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sangat di benci oleh banyak orang. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan kotoran yang menumpuk.




Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap berkembangnya jerawat. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik, pola makan, gaya hidup tidak sehat, asupan makanan, perubahan hormonal, dan infeksi kulit.

Setiap pori-pori terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan sebum atau sebum. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Ketika bakteri penyebab jerawat muncul, sel darah putih akan menyerang dan menyebabkan peradangan kulit berupa jerawat. Kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Nah, berikut cara mengobati jerawat dengan bahan alami.

1. Putih telur 

Putih telur mengandung enzim lisozim. Enzim ini mampu menyembunyikan bekas jerawat merah, menghilangkan komedo, dan menghaluskan tekstur wajah.

Cara penggunaannya kalian bisa memisahkan putih telur dan mebcampurkannya dengan perasan lemon, lalu oleskan pada wajah seperti masker dan diamkan selama 15 menit, setelah itu dapat kalian bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Ia juga mengandung molekul gula, asam amino dan zinc yang dapat melembabkan kulit.

Studi tentang efektivitas pengobatan jerawat non-obat baru: gel lidah buaya dikombinasikan dengan ultrasound dan masker lembut untuk mengobati jerawat wajah ringan hingga parah, diterbitkan oleh Frontiers in Medicine, mengungkapkan bahwa menggunakan lidah buaya sebagai wajah masker dapat mengurangi jumlah jerawat dan kulit kering.

Penggunaannya juga cukup sederhana. Pertama, bersihkan area yang terkena. Lalu, oleskan selapis tipis gel lidah buaya dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Gunakan dua kali sehari untuk hasil optimal. 

3. Jus lemon

Lemon mengandung asam askorbat tingkat tinggi yang membantu menghilangkan jerawat, lemon mengandung antioksidan kuat yang membantu mencegah dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk caranya sangat mudah, pertama kalian bersihkan wajah seperti biasa, lalu peras lemon dan tambahkan air hangat. Aplikasikan ke wajah dengan merata dan diamkan selama 10-15 menit, setelah itu dapat kalian bilas dengan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal gunakan masker ini secara rutin.

4. Timun

Cara mengobati jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah timun. Timun dipercaya untuk meredakan kemerahan pada jerawat karena mengandung vitamin, antioksidan, dan asam amino. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengoleskan masker mentimun pada wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kapas dan biarkan selama 5 ment setelah itu bilas dengan air bersih. Jangan membiarkannya di wajah terlalu lama karena dapat menyebabkan iritasi pada wajah.

Nah, itu beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang bisa kalian coba, sangat mudah bukan? Nantikan tips-tips berikutnya di artikel ini ya! (Penulis : Nur Irwansyah).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel