5 Cara Mudah Menciptakan Ruangan yang Nyaman

Teknokra.id - Halo sobat Teknokra siapa nih yang suka mengeluh ruang belajar atau kamar kosnya kurang nyaman? dan membuat kita menjadi tidak produktif untuk beraktivitas dalam ruangan yang tidak nyaman tersebut. Ruangan yang tidak nyaman dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal berupa pengelolaan sirkulasi serta tata letak yang kurang baik, sedangkan faktor eksternal dapat berupa cuaca yang terik.

Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui gimana sih cara agar ruangan kita menjadi nyaman. Dengan begitu maka kalian akan menjadi lebih produktif dan betah untuk beraktivitas dalam ruangan. Berikut ini ada lima tips yang bisa kalian perhatikan untuk meningkatkan kenyamanan di ruang belajar atau kamat kosan kalian.

Optimalisasikan Sirkulasi Udara

Pada saat kita berada di suatu ruangan dan bernafas, kita mengeluarkan gas bernama karbondioksida yang menghasilkan hawa panas. Apabila hawa panas tersebut terperangkap di sebuah ruangan, maka akan menyebabkan ruangan menjadi terasa lebih panas dan gerah. Nah, Sirkulasi udaralah yang berperan dalam pertukaran udara panas yang ada di ruangan dengan udara segar di luar ruangan. 

Sirkulasi udara yang baik juga sangat penting dalam menjaga suhu ruangan menjadi tetap sejuk. Sirkulasi udara di suatu ruangan dapat melalui pintu, jendela, dan ventilasi. Semakin banyak atau semakin lebar bukaan ruangan yang ada mengakibatkan pertukaran udara semakin tinggi sehingga ruangan akan lebih terasa sejuk. Jadi kalian dapat membuka pintu atau jendela selebar-lebarnya serta membersihkan lubang ventilasi guna memaksimalkan sirkulasi udara dalam ruangan kalian.

Kelola Pencahayaan Matahari

Cahaya matahari tentu menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari seperti untuk menjemur pakaian dan pencahayaan alami. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis sehingga intensitas matahari cukup tinggi sekitar 12 jam per harinya, maka panas matahari yang akan masuk ke dalam ruangan kita juga akan sangat tinggi. 

Namun, kita tetap dapat mengatasinya dengan penggunaan kanopi atau kerai pada arah datangnya cahaya matahari langsung sehingga panas matahari yang masuk dapat lebih tersaring. Dengan begitu maka ruangan menjadi tidak begitu panas dari semestinya, kendati tetap mendapatkan sumber pencahayaan secara alami.

Perhatikan Tata Letak dan Luas Ruangan

Pernah gak sih kalian membayangkan berada di sebuah ruangan yang kecil dan sesak sehingga sulit bergerak. Tentu saja rasanya tidak enak dan nyaman bukan? alhasil luas ruangan yang kalian tempati juga mempengaruhi kenyamanan kalian. Semakin luas ruangan maka kalian akan merasakan perasaan nyaman dan lega untuk bergerak. 

Namun perlu diperhatikan bahwa ruangan yang terlampau luas juga tidak selalu lebih nyaman. Dalam dunia arsitektur standar kenyaman seseorang untuk bergerak ialah 30-40% dari luas ruangan beserta perabotnya. Misalnya kalian memiliki ruang seluas 20m2 , dengan asumsi ruang gerak kalian 30% maka kalian membutuhkan ruang seluas 6m2 untuk bergerak dengan nyaman dalam ruangan tersebut. 

Penggunaan Warna Cat yang Tepat

Penggunaan warna cat pada ruangan juga memegang peran penting dalam kenyamanan secara psikologis. Ketika kita berada di ruangan dengan warna cat gelap seperti hitam, coklat tua, dan merah tua, maka kita cenderung lebih merasa panas ketimbang berada di ruangan dengan warna cat cerah seperti, putih, cream, dan biru muda. 

Hal itu dikarenakan warna gelap cenderung lebih mampu untuk menyerap panas. Begitupun sebaliknya, ruangan dengan warna cat cerah cenderung lebih terasa sejuk karena lebih sukar untuk menyerap panas. Oleh karena itu patut diperhatikan juga dalam pemilihan warna cat yang akan digunakan pada ruangan supaya dapat memaksimalkan kenyamanan kalian.

Meredam Kebisingan

Ketika kita mendengar suara motor dengan knalpot brong atau suara tukang yang sedang menghaluskan kayu di pagi hari, tentu saja kita merasa berisik dan terganggu. Hal itu menjadikan faktor kebisingan juga menjadi salah satu faktor penting dalam penentu kenyamanan ruangan. 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Kita dapat membuat sebuah penghalang rambatan suara seperti penanamsn pohon atau pagar tanaman di sekeliling rumah kita. Kita juga dapat menggunakan material yang dapat menyerap suara seperti karpet, korden, dan juga lapisan isolasi suara pada dinding.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan. Apalagi buat kamu yang banyak beraktivitas di dalam ruangan tentunya sangat membutuhkan kenyamanan ruangan. Tidak ada salahnya untuk coba menganalisa kembali apakah ruang belajar atau kosan yang kalian tempati sudah nyaman atau belum, sampai bertemu di tulisann selanjutnya! (Penulis : Alfian Wardana).



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel