Kamu Tipe Pekerja Keras atau Pemalas? Yuk Cek Ciri-Cirinya!

 


Teknokra.id - Halo sobat Teknokra! Pernah gak sih kalian bertanya-tanya, apakah diri kalian termasuk tipe orang yang pekerja keras atau pemalas? Mungkin kalian sudah merasa diri kalian adalah orang yang pekerja keras, namun apakah sesuai dengan ciri-ciri orang yang pekerja keras?

Nah dengan mengetahui ciri-cirinya, kalian akan jauh memahami diri kalian sendiri sehingga dapat mempermudah dalam menggapai tujuan hidup. Daripada semakin penasaran, yuk cek ciri-ciri orang pekerja keras dan pemalas!

1.   Disiplin

Disiplin ditandai dengan selalu tepat waktu dalam segala hal mulai dari mengerjakan tugas sesuai tengat nya, berangkat sekolah atau kerja tepat waktu, hingga bangun tidur tepat waktu. Selain itu disiplin juga dapat berarti sikap konsisten dalam melakukan segala sesuatu. Terlepas dari banyaknya definisi dari disiplin yang terpenting ialah sikap disiplin sangat penting bagi kita karena karena orang yang tidak disiplin sulit untuk mencapai apa yang ia inginkan.

2.  Produktif

Menurut KBBI produktif adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu dalam jumlah besar dan maksimal. Di sisi lain produktif juga berkaitan dengan efisiensi cara kita melakukan suatu hal. Jadi dengan tenaga yang minimal dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal.

3.  Inisiatif, kreatif, dan inovatif

Pribadi yang pekerja kerasa cenderung lebih inisiatif, kreatif, dan inovatif. Tidap perlu untuk menunggu perintah dari pihak lain tetapi proaktif dalam mencari solusi yang baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

4.   Fokus

Orang yang pekerja keras mempu fokus berkonsentrasi terhadap suatu hal hingga menyelesaikannya tanpa terganggu oleh hal-hal lainnya di luar tujuannya tersebut. Fokus juga memegang peranan penting dalam terciptanya suatu keberhasilan pada sebuah upaya.

5.   Adaptif

Fleksibel dalam menghadapi perubahan dan juga mampu untuk mempelajari hal-hal baru terlebih lagi di era digitalisasi. Individu yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik membuatnya mudah mengerjakan tugasnya dengan maksimal.

6.    Bertanggungjawab

Bertanggung jawab adalah dengan menyelesaikan penugasan dengan baik dan siap menerima segala konsekuensi atas tindakannya. Jadi orang yang pekerja keras akan selalu siap untuk mempertanggungjawabkan apa yang dikerjakannya karena ia yakin dengan apa yang dia kerjakan.

7.    Motivasi tinggi

 Ciri- ciri selanjutnya adalah memiliki motivasi yang tinggi. Orang yang pekerja keras selalu memiliki motivasi yang tinggi untuk mengerjakan suatu hal. Dengan begitu maka ia akan lebih produktif dan mampu untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya dengan baik.

 

Ciri-Ciri Orang yang Cenderung Pemalas

1.  Menunda-nunda

Menunda-nunda atau procrastinating merupakan kebiasaan untuk mengulur waktu pengerjaan tugas hingga mepet mendekati tengat waktunya. Orang yang pemalas sering menunda-nunda pekerjaan mereka dengan alasan sekedar mereka merasa malas untuk mengerjakannya.

2.  Sulit fokus

Mudah terdistraksi oleh hal-hal sepele dan sulit berkonsentrasi pada satu tugas. Ketika sudah mulai terdistraksi maka pekerjaan yang seharusnya dikerjakan akan terabaikan.

3.  Tidak disiplin

Sering terlambat dalam mengerjakan suatu hal merupakan salah satu ciri ciri-ciri dari orang yang pemalas. Orang yang tidak disiplin cenderung tidak teratur sehingga sulit untuk melakukan sesuatu dengan maksimal.

4.  Kurang motivasi

Kurangnya motivasi dapat menjadi salah satu ciri-ciri dari orang pemalas. Orang dengan ciri seperti ini akan mudah sekali untuk berhenti mengerjakan apa yang seharusnya ia kerjakan.

5.  Tidak bertanggung jawab

Sering menyalahkan pihak lain atas kesahalan sendiri merupakan ciri-ciri dari sikap tidak bertanggung jawab. Hal itu terjadi karena ia tidak merasa yakin dengan yang ia kerjakan karena menganggap remeh pekerjaannya, sehingga apa yang ia kerjakan tidak maksimal.

Nah itulah beberapa ciri dari pekerja keras dan pemalas. Jika dirasa masih sulit untuk mengenali diri sendiri, kalian dapat meminta teman atau sahabat untuk memberikan sudut pandang mereka terhadap kalian.

Dengan mengetahui tipe pekerja keras dan pemalas pada diri sendiri, tentu sangat penting dalam menentukan arah pengembangan diri. Jika ternyata hasil yang  diterima tidak sesuai dengan ekspektasi, tak apa jangan berkecil hati. Tidak ada orang yang sepenuhnya gagal dalam hidupnya. Setiap orang memiliki potensi untuk berubah menjadi lebih baik. Dengan niat dan usaha yang konsisten, siapapun dapat menjadi pribadi yang lebih baik. (Penulis : Alfian Wardana)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel