Jawaban Jelaskan Bagaimana Motivasi Konsumen Dapat Digunakan Sebagai Dasar dalam Melakukan Segmentasi dan Positioning
Teknokra.id- Simak selengkapnya mengenai jawaban jelaskan bagaimana motivasi konsumen dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi dan positioning.
Motivasi konsumen dapat digunakan sebagai dasar dalam
melakukan segmentasi dan positioning.
Sebelum membahas lebih dalam soal hal tersebut, ada baiknya
untuk membahas satu persatu tentang motivasi konsumen, dasar segmentasi dan
positioning.
Setiadi (2003) mendefinisikan motivasi konsumen adalah
keadaan di dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk
melakukan kegiatan-kegiatan guna mencapai suatu tujuan.
Motivasi konsumen adalah suatu dorongan kebutuhan dan keinginan
individu yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh kepuasan dalam hal
konsumsi.
Motivasi konsumen merupakan alasan untuk melakukan sesuatu,
termasuk dalam hal membeli suatu produk atau jasa. Motivasi konsumen dapat
menjadi dasar yang penting dalam melakukan segmentasi dan positioning suatu
produk atau jasa.
Segmentasi merupakan proses pembagian pasar menjadi
kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik yang serupa. Segmentasi pasar
digunakan untuk memilih sasaran, peluang, dan segmen pasar yang paling
Positioning merupakan proses menempatkan suatu produk atau
jasa dalam pikiran konsumen dengan bagaimana caranya produk kita bisa berbeda
dari produk lainnya. Misalnya saja kita ingin produk kita dianggap memiliki
harga terjangkau atau memiliki kualitas terbaik. Itu bisa dilakukan dengan
kampanye dan strategi harga pasar.
Nah lalu bagaimana motivasi
konsumen bisa dijadikan dasar segmentasi dan positioning?
Motivasi konsumen adalah hal yang penting, yang menjadi
alasan konsumen membeli barang.
Dari segi positioning motivasi konsumen memiliki peran untuk
mengarahkan branding produk akan dibawa kemana. Misalnya, sebuah perusahaan
dapat menempatkan produknya sebagai pilihan terbaik bagi konsumen yang memiliki
motivasi kualitas tinggi, atau sebagai pilihan terjangkau bagi konsumen yang
memiliki motivasi harga rendah. Dari situ perusahaan bisa menempatkan produk
berdasarkan motivasi konsumen yang berbeda-beda.
Jika dari segi segmentasi, motivasi konsumen dapat digunakan
sebagai salah satu kriteria dalam melakukan segmentasi pasar. Misalnya, sebuah
perusahaan dapat membagi pasar berdasarkan motivasi konsumen dalam membeli
produk tersebut, seperti motivasi harga, kualitas, keunikan, atau lainnya.
Begitulah jawaban jelaskan bagaimana motivasi konsumen dapat
digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi dan positioning.